Wednesday, August 6, 2025

RESUME: Bargaining and Negotiating Technique

 A. BARGAINING

1. Pengertian

  • Bargaining (tawar-menawar) adalah kegiatan untuk mencapai kesepakatan penjualan.

  • Bargaining merupakan bagian dari proses negosiasi.

2. Ungkapan dalam Bargaining

a. Mencari Barang:

  • “Is there any...?”, “Can I get...?”, “May I see...?”

b. Menanyakan Harga dan Warna:

  • “How much is this?”, “What price is it?”, “Do you have it in black?”

c. Menanyakan Ukuran:

  • “Do you have a large one?”, “Is there XXL for me?”

d. Menanyakan Bahan:

  • “What is it made of?”, “Is it made of silk?”

e. Menanyakan Metode Pembayaran:

  • “Can I pay in cash?”, “Do you accept credit card?”

f. Meminta Diskon:

  • “Can you give me a discount?”, “How about 20% off?”, “What about Rp 50.000 for each book?”

3. Contoh Dialog Bargaining

  • Buyer meminta ukuran, warna, dan bahan jaket.

  • Terjadi proses tawar-menawar hingga disepakati harga untuk dua jaket.

  • Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit.

B. NEGOTIATION

1. Pengertian

  • Negotiation adalah proses untuk mencapai kesepakatan antara dua pihak, baik dalam transaksi maupun penyelesaian masalah.

2. Tujuan

  • Mencapai persetujuan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

3. 6 Langkah Utama dalam Negosiasi

  1. Prepare: Kumpulkan informasi dan pelajari pihak lawan.

  2. First Contact: Pertemuan pertama, saling menilai tujuan.

  3. Confrontation: Diskusi dan adu argumen mengenai tujuan.

  4. Conciliation: Tawar-menawar demi mencapai kesepakatan.

  5. Solution: Membangun sikap kerja sama untuk solusi bersama.

  6. Post Negotiation: Menindaklanjuti dan memastikan kesepakatan dijalankan.

4. BATNA (Best Alternative To a Negotiated Agreement)

  • BATNA adalah posisi cadangan jika negosiasi gagal.

  • Mengetahui BATNA penting agar tidak mengambil keputusan merugikan.

5. Istilah Penting dalam Negosiasi

  • Issues: Permasalahan yang dibahas.

  • Deadlock/Stalemate: Ketika tidak ada kesepakatan tercapai.

  • Impasse: Ketika isu tidak bisa diselesaikan.

  • Concession: Apa yang diberikan untuk memuaskan pihak lain.

  • Power: Kemampuan memengaruhi pihak lain.

6. Jenis-Jenis Negosiasi

  • Position-Based Negotiation: Fokus pada posisi/tujuan pribadi.

  • Interest-Based Negotiation: Fokus pada kebutuhan dan tujuan jangka panjang.

  • Distributive Negotiation: Salah satu pihak menang, lainnya kalah (Win-Lose).

  • Integrative Negotiation: Keduanya menang melalui kerja sama (Win-Win).

Contoh dialog tawar-menawar roti dan kue:

  • Pelanggan mencari roti asin dan manis.

  • Terjadi interaksi antara pelanggan dan penjual.

  • Pembeli memilih beberapa item dan mengakhiri pembelian dengan sopan.

No comments:

Post a Comment