Monday, January 8, 2018

Geomorfologi: Sungai

(Sumber: Sungai)

Sungai penting dalam proses interpretasi kenampakan geomorfologis, batuan dan struktur geologi. Yang dilihat yaitu dari pola aliran sungai karena pola aliran ini menunjukan apakah suatu sungai tersebut selalu dialiri air atau tidak. Pola aliran ini dipengaruhi oleh lereng, kekerasan batuan, struktur, sejarah geologi dan geomorfologi. Dan air merupakan geomorphic agent yang bisa menyebabkan perubahan pada kenampakan bumi.

(Sumber: Genesa sungai)

1. Genesa Sungai

Gambar diatas menunjukan perkembangan aliran sungai, a) menunjukan tahap awal belum memiliki pola aliran seperti sungai pada umumnya, b) sungai muda dicirikan dengan aktifitas aliran yang mengarah vertikal, air terjun dan aliran yang deras mendominasi pada tahap ini yang menyebabkan erosi yang kemudian menghasilkan lembah, c) sungai dewasa dicirikan dengan mulai adanya dataran banjir floodplain  yang kemudian membentuk meander, d) sungai tua yang dicirikan oleh sungai sudah di dominasi oleh meander dan dataran banjir yang semakin melebar, kemudian dapat membentuk oxbow lake.


2. Pola Aliran Sungai

Berikut adalah pola aliran sungai yang menjadikan pembeda antara satu tempat dengan tempat lainnya tentunya karena adanya perbedaan seperti kemiringan, topografi, litologi, dan struktur.

(Sumber: Pola aliran sungai)

  1. Pola Dendritik : berbentuk seperti cabang pohon/ranting biasanya berada di daerah yang datar dan batuan yang homogen.
  2. Pola  Rectangular : pola ini dikendalikan oleh struktur seperti kekar dan sesar
  3. Pola Pinnate : muara sungai anak membentuk sudut lancip dengan sungai induk, terdapat di bukit dengan lereng yang terjal
  4. Pola Trellis : pola yang aliran sungainya hampir sejajar dengan sungai hampir sejajar (memagar), biasanya berada di daerah patahan
  5. Pola Annular : Aliran yang menyebar secara radial dan berkumpul lagi dalam satu titik yang sama
  6. Pola Paralel : aliran yang terbentuk karena lereng yang terjal
  7. Pola Radial : alirannya menyebar secara radial  dari ketinggian tertentu, seperti dari puncak gunung
  8. Pola Centripetal : aliran yang mengarah ke sebuah cekungan.

3. Tipe genetik sungai

  • Konsekuen : Aliran searah dengan struktur utama atau kemiringan awal
  • Resekuen : Aliran searah dengan kemiringan struktur pada permukaan bidan erosi yang baru
  • Obsekuen : Aliran berlawanan dengan kemiringan struktur
  • Subsekuen : Aliran searah dengan strike struktur
  • Insekuen : Aliran tidak dipengaruhi struktur

Kunjungi juga: Proses Eksogen



No comments:

Post a Comment